Tour de Singkarak 2013.

  Tour de Singkarak 2013. (sumber: Antara) 

Batusangkar - Menempuh jarak 208 km dari Padang Panjang-Batusangkar,
pembalap dari Team Differ dange-Losch (Luxemburg), Johan Coenen,
berhasil keluar sebagai pemenang etape 3 Tour de Singkarak (TdS) 2013.
Coenen menjuarai etape 3 setelah mencatatkan waktu 5 jam 52 menit 29 detik.
Ia unggul 3 menit 16 detik atas pembalap dari Budget Forklifts (Australia) Juel Kristian yang menempati posisi runner-up. Sementara, tempat ketiga diraih oleh Wei-Cheng Lee dari Action Cycling Team dengan catatan waktu sama dengan Kristian.
Di etape terjauh dalam TdS 2013 ini, Coenen juga tidak hanya keluar sebagai pemenang, ia juga berhak atas yellow jersey sebagai penanda pimpinan lomba. Coenen merebutnya dari tangan pembalap Tabriz Petrochemical Hossein Askhari yang menguasai di dua etape sebelumnya.
Di klasemen perebutan yellow jersey, Coenen unggul 2 menit 28 detik dari rekan setimnya, Salvador Tora Guardiola, dan selisih 3 menit 23 detik dari Kristian.
Coenen juga berhak atas polka-dot jersey setelah berhasil menaklukan dua dari empat tanjakan (King of Mountain/KOM). Ia merebut di KOM ketiga di daerah Malalak dengan ketinggian 1.217 dan KOM keempat di Nagari Sabu dengan ketinggian serupa.
Sementara, untuk green jersey diraih oleh pembalap Tabriz Hossein Nateghi, meskipun gagal merebut satupun dari tiga intermediate sprint. Sedangkan, red and white jersey yang sebelumnya dikuasai Bambang Suryadi, kini berpindah ke tangan Aiman Cahyadi dari Tim Nasional Indonesia.
Sebanyak 110 pembalap memulai etape ketiga ini dari depan Bank BRI di Jalan Jendral Sudirman, Padang Panjang. Start dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan finis di Batusangkar pada pukul 16.00 WIB.

Penulis: H-16/YUD
Sumber:Suara Pembaruan