Translate

IKAN BILIH

Ikan Bilih

Ikan Bilih pertama sekali ditemukan oleh peneliti berkebangsaan Belanda bernama Weber dan Beaufort tahun 1912. Setelah itu diteliti pula oleh Rachmatika (1986), Anhariah tahun 1988 dari IPB Bogor, kemudian kajian lebih mendalam tentang biologi reproduksi dan pembenihan ikan bilih serta pengelolaannya dilakukan oleh Hafrijal Syandri dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta bersama dengan mahasiswa strata S1 dan S2 dimulai tahun 1993 sampai sekarang. 

Penelitian para ahli megungkapkan 19 spesies ikan perairan air tawar hidup di habitat Danau Singkarak, yang berada di daerah kab.Tanah Datar & Kab.Solok. Dari 19 spesies itu, tiga diantaranya memiliki populasi kepadatan dominan, yakni ikan bilih (Mystacoleucuspadangensis), asang / nilem (osteuchilus brachmoides) dan rinuak. Secara klasifikasinya ikanbilih dapat dikelompokkan sebagai berikut  

Kingdom
Filum
Kelas
Ordo 
Famili  
Genus

Animalia
Cordata
Actinopterygi 
Clupeiformes
Engraulidae
Mystacoleusus

Ikan bilih dikenal dalam bahasa latin (Mystacoleucus padangensis blkr), ikan ini merupakan spesies ikan khas(endemik) danau Singkarak. Ikan pemakan plankton sepanjang 6 sampai 12 cm ini hasil evolusi selama berjuta-juta tahun di lingkungan danau ini.Dilihat sepintas lalu, fisik ikan bilih mirip dengan ikan teri ukuran sedang. Secara biologisikan bilih memang satu spesies yang sejenis dengan ikan teri. Namun berbeda dengan ikan teri biasa, misalnya di Medan. Ikan bilih memiliki tekstur & ukuran tubuh yang lebih besar dan renyah.

Sumber : http://padang-wisata.blogspot.com
http://adisolok.blogspot.com

1 komentar:

Posting Komentar

JoEYUNG. Diberdayakan oleh Blogger.

map solok

map solok