Translate

NAGARI SIMANAU


Nagari Simanau kecamatan Tigo lurah

Nagari Simanau secara administratif terletak pada kecamatan Tigo lurah, kabupaten Solok. Secara yuridis formil disahkan melalui SK Bupati Solok pada tanggal 2 oktober 2002, sebelumnya merupakan jorong yang tergabung dalam nagari Rangkiang luluih. Kecamatan Tigo lurah sendiri beribukota Batu Bajanjang, terletak arah timur nagari Simanau dengan jarak 15 Km dari nagari. Nagari Simanau dikelilingi oleh nagari-nagari tetangga, sebelah Utara dengan nagari Supayang dan Nagari Air Luo, sebelah Timur dengan nagari Tanjuang Balik Simiso, sebelah Selatan dengan nagari Rangkiang Luluih, dan sebelah Barat dengan Nagari Sungai Nanam dan Nagari Sirukam. Nagari Simanau terbagi atas tiga jorong, yaitu jorong Karang putih, jorong Parik Batu dan Jorong Tanjuang Manjulai.

Akses transportasi dari dan ke nagari Simanau hanya berupa jalan darat sepanjang 32 Km dari nagari Sirukam. Jalan darat ini 24 km masih berupa jalan tanah. Jalan tersebut di bangun pada tahun 1986. Simanau sendiri merupakan pintu gerbang untuk membuka ketertinggalan nagari-nagari di kecamatan Tigo lurah. Jarak nagari Simanau dengan nagari lainnya adalah, ke rangkiang luluih 10 km, ke Batu Bajanjang 15 km, ke simiso 25 km, dan ke Garabak 40 km.

Nagari Simanau terletak pada jalur pegunungan Bukit Barisan. Dengan topografi berbukit dengan luas wilayah keseluruhan 47 km2, yang mempunyai ketinggian daerah 1000 meter dari permukaan laut. Secara geografis nagari Simanau berada pada hamparan lembah yang dikelilingi perbukitan yang secara ekologis berupa hutan. Selain itu nagari Simanau dibelah oleh sungai-sungai kecil yang keluar dari anak-anak air yang berada pada sekeliling perbukitan yang melingkari Simanau. Adapun sungai-sungai tersebut adalah Batang Simanau, Batang Kapujan dan Batang Kipek. Sungai-sungai tersebut kemudian bermuara ke Batang Palangkih. Sungai-sungai yang membelah nagari Simanau dipergunakan masyarakat sebagai kebutuhan air bersih rumah tangga, irigasi maupun sebagai sumber tenaga listrik yang digerakkan oleh Penggerak Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). http://qbar.or.id/

0 komentar:

Posting Komentar

JoEYUNG. Diberdayakan oleh Blogger.

map solok

map solok